Buat kang bro para pemilik motor bermesin 4-tak patut mewaspadai kondisi saringan oli. Karena fungsi dari saringan oli ini untuk menyaring oli yang akan dialirkan ke komponen yang ada di bagian head silinder dan kemudian mengalir kembali ke bak mesin. Jika saringan oli tersebut sudah mengalami penyumbatan, maka akan berakibat berkurangnya debit oli yang dialirkan. Jadi, pelumasan pasti tidak akan maksimal.Akibatnya noken as dan pelatuk klep serta komponen di cylinder jadi cepat aus,bahkan timbul nglitik jika pelumasan sudah tidak maksimal. Untuk itu pemeriksaan dan perawatan pada komponen ini, tidak boleh diabaikan.Pada motor 4-Tak yang menggunakan sistem pelumasan tipe basah atau wet sum type pelumas didistribusikan oleh sebuah pompa oli ke komponen-komponen yang bergerak.
Sebelum oli dipompakan ke komponen mesin seperti noken as dan juga poros engkol, oli tersebut disaring terlebih dahulu. Sehingga kotoran tidak ikut terbawa. Nah, kondisi saringan juga menentukan kualitas oli yang dialirkan. Jika saringan sudah penuh dengan kotoran, maka oli yang dialirkan pun tidak akan bisa maksimal. Bahayanya, friksi yang terjadi antar komponen menjadi lebih tinggi. Selain suhu mesin menjadi lebih panas, efek terparahnya bisa bikin mesin jebol.Perlu kita ketahui juga, pada sepeda motor dengan pelumasan tipe basah terdapat dua buah saringan. Saringan kasa dan saringan oli kertas. Dua saringan ini membutuhkan perlakukan yang berbeda saat kita lakukan pembersihan, Untuk saringan oli model kasa, biasanya terletak di bawah mesin. Untuk di motor tipe bebek, kudu membuka bak kopling alias bak oli lebih dulu. Setelah terbuka, bersihkan dengan cara menyemprot saringan itu dengan udara bertekanan atau angin kompresor. Dan untuk filter oli yang kedua, karena terbuat dari bahan kertas jadi sangat mudah untuk menangkap kotoran. Mantapnya, tak hanya bagian dalam saja yang bisa menangkap kotoran. Tetapi kertas bagian luar juga bisa menahan kotoran semacam geram, hasil gesekan antar komponen besi agar tak terbawa lagi. Filter oli kertas jangan dibiarkan kotor. Sebab, jika tersumbat kotoran, maka pelumasan jadi tidak lancar! Untuk filter oli jenis kertas ini rata2 dianjurkan dilakukan penggantian maksimal setiap 9ribu km.
Untuk filter oli scorpio cukup dibersihkan saja,caranya dicelupkan ke dalam bensin lalu di semprot pakai angin kompresor,ingat ! saat menyemprot anginnya jangan terlalu kencang agar filter oli tidak rusak karena terbuat dari bahan campuran seng dan kertas.Tapi jika kondisi filter oli sudak rusak wajib diganti juga,biasanya umur filter oli scorpio ini lebih panjang bisa sampai 5 tahunan.Harganya filter oli scorpio ini 82ribu,jika kantong lagi kering bisa di subtitusi pakai filter oli jupiter mx yang terbuat dari kertas harganya 24ribu tapi selalu di cek kondisi dan lakukan penggantian filter olinya setiap 9ribu km.
Featured Post
Membuat Kostum Kondom Helm ALIEN Fiberglass [part 1]
What's up broooooooooooooooo.... hey men !!! artikel kali ini saya pengen berbagi tutorial membuat kondom helm nih ya pasti kalian t...
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "Cek Kondisi Filter Oli,Kotor Wajib Ganti"
Post a Comment